Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-12-30. Baca versi terbaru.

Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas IV SD

Penulis

  • Ari Suryana Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
  • Walyono Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
  • Ratna Setyaningsih Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya

Kata Kunci:

Mobile Learning, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Model 4D

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1)mengembangkan aplikasi mobile learning pembelajaran Pendidikan Agama Buddha pada materi toleransi dalam budaya, 2)mengetahui kualitas aplikasi mobile learning dari segi validitas, praktikalitas dan efektivitas. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap develop menggunakan model multimedia development life cycle dengan tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Validitas produk oleh ahli materi dan ahli media menghasilkan nilai V 0,9 dan dinyatakan valid. Praktikalitas produk oleh siswa memperoleh nilai k 0,86 dengan kategori sangat tinggi. Efektivitas produk dengan melakukan uji pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai N Gain pada kelas eksperimen adalah 77,27% dengan kategori efektif. Sehingga disimpulkan produk valid, praktikal, dan efektif.

 

Referensi

Aziz Ardiansyah, A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Dwi Rahayu, D., Halimatus Sakdiyah, S., & Delawanti Chrisyarani, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(3), 1–10. https://journal.actual-insight.com/index.php/sistem-among/article/view/354

Fikri, Hasnul., Madona, Ade Sri., & Morelent, Yetty. (2018). The Quality of Interactive Multimedia in Indonesian Language Learning at the 5th Grade of Elementary School: The Practicality and Effectiveness after Wide-Scale Tryout. Asia Proceedings of Social Sciences. 2(4). 105-109. https://doi.org/10.31580/apss.v2i4.352

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Manuel, R. A., & Sutanto, A. (2021). Generasi Alpha?: Tinggal Diantara. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1), 243–260. https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10468

Norfika Yuliandari, R. (2020). Pola Pendidikan Dan Pengasuhan Generasi Alpha. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 108–116. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2438

Novianti, R., Maria, I., & Riau, U. (2019). Generasi Alpha-Tumbuh Dengan Gadget Dalam Genggaman. Jurnal EDUCHILD: Pendidikan & Sosial, 8(2), 65–70.

Permata Dewi, N. A., Utami, S., & Ratri Pradnyandari, K. D. (2021). Fashion For Alpha Generation. Jurnal Viswa Design, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.59997/vide.v1i1.899

Prismanata, Y., & Tinjung Sari, D. (2022). Formulasi Media Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfa pada Era Society 5.0. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2, 44–58. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Puji Astuti, D. A., Ani, I. A., & Juniawan, R. (2021). “Kaki Si Budi” (Teka-Teki Silang Buddhis) Berbasis Android. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 35–42.

Purwanti, Y., Falahiyah, S., Suprihadi, D., & Nisa Imania, K. A. (2023). Persepsi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Pembelajaran. Jurnal PETIK, 9(1), 76–83.

Putranto, D. (2022). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Pancadhamma Terhadap Minat Belajar Siswa. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1), 235–245. https://doi.org/10.35931/aq.v16i1

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414

Rifai, A., Suton, & Sulthoni. (2020). Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 3(1), 10–17. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p010

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Jurnal KeIslaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Satria, E., Sa’ud, U.S., Sopandi, W., Tursinawati, Rahayu, A.H & Anggreni, Poppy. (2022). Pengembangan Media Animasi Interaktif dengan Pemrograman Scratch untuk Mengenalkan Keterampilan Berpikir Komputasional. Jurnal CERDAS Proklamator. 10(2). 217-228. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.169

Sefrida, D., & Enjoni, (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Saintifik Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Untuk Kelas V SDN 36 Gunung Sarikkota Padang. Jurnal CERDAS Proklamator,10(1). 11-17. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.112

Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi Alpha?: Saatnya Anak Usia Dini Melek Digital. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 1–9. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa

Yuza, Arlina, & Ningrum, N.P. (2021). Validitas Pengembangan Media E-Komik Pembelajaran Matematika Pada Materi Pengukuran Kelas IV SD. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(2), 1-7. https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.82

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30 — Diperbaharui pada 2023-12-30

Versi

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator