PENTINGNYA PEMAHAMAN PERBEDAAN INDIVIDUAL (INDIVIDUAL DIFFERENCES) BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.59Kata Kunci:
individual differences, Calon Guru, Sekolah DasarAbstrak
Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam perwujudan kurikulum. Guru yang secara langsung berhubungan dengan objek pendidikan yaitu siswa. Individual siswa memiliki perbedaan yang unik. Perbedaan individu ini mencakup banyak hal yang terdiri dari fisik, tingkat intelegensi, kepribadian, psikologi, perbedaan kecakapan bahasa dan Gaya Belajar. Sebagai calon guru sekolah dasar, aspek ini sangat penting dipahami karena perbedaan individual ini akan terlihat dengan jelas ketika SD. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan untuk mengetahui pentingnya pemahaman individual differences bagi calon guru sekolah dasar. Untuk itu, mata kuliah yang diberikan sebagai dasar dalam pemahaman perbedaan individual ini seharusnya menjadi perhatian penting bagi calon guru khususnya sekolah dasar.
Referensi
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:PT.Remaja rosdakarya Pr.
Dunn, R. & Dunn, K. (1993). Teaching Secondary Students through Their Individual Learning Styles. Needham Heights, MA. Simon & Schuster.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Hadi, Imam Anas. 2017. Pentingnya Pengenalan tentang Perbedaan Individu Anak dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Inspirasi – Vol. 1, No. 1, Januari – Juni 2017, 71–92.
Horne, J. 1994. “Ride the Wave” to Success in The Classroom. http//www.osi.fsu.edu/waveseries/wave12 .
Nur, Gina Dewi Lestari, 2014 Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Riswanti, Cyintia. 2020. Perbedaan Individu dalam Lingkup Pendidikan. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Volume 2, Nomor 1, Januari 2020; 97-108.
Saberan, Riduan. 2016. Perbedaan Individual Salah Satu Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Belajar Mengajar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 11 No 2 (2016) 54- 69.
Sarasin, L. C. (1996) Learning Style Perspectives, Impact in the Classroom. Madison, WI: Atwood Publishing.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005. (2005). Guru dan Dosen. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.