PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN SDN 136 PALEMBANG

Penulis

  • Ranty Juli Dwianty Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang
  • Mega Kusuma Putri Universitas PGRI Palembang

Kata Kunci:

Keywords: Learning Media, Spinning Wheel, Student Learning Interes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Roda Berputar

terhadap Minat Belajar Siswa mata pelajaran PPKn SDN 136 Palembang. Metode penelitian

yang digunakan adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan bentuk desain True Ekperimen

Design dan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini

berjumlah 104 siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa terdiri

dari kelas IV C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa dan kelas IV D sebagai kelas

eksperimen yang berjumlah 27 siswa dengan teknik yang digunakan Simple Random

Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner (Angket), Observasi,

dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (Independent Sample T

Test). Dari hasil pengolahan data penelitian dengan menggunakan aplikasi SPSS 26

diperoleh nilai t-hitung = 5,622 dan nilai t-tabel = 1,676 dengan ? = 0,05 dan df = 50, dengan

demikian t-hitung = 5,622 > t-tabel = 1,676. Sesuai dengan syarat uji hipotesis maka H0

ditolak dan Ha diterima atau atau ada pengaruh media pembelajaran Roda Berputar terhadap

Minat Belajar Siswa mata pelajaran PPKn SDN 136 Palembang.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Roda Berputar, Minat Belajar Siswa

Referensi

Anggraeni, A., & Nugroho, A. S. (2023). pengembangan media roktarat (RODA BERPUTAR

PAKAIAN ADAT) pada materi keberagaman pakaian adat di indonesia untuk pembelajaran ips

kelas IV disekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Keagamaan, 20 (3), 545–556.

https://doi.org/https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.545-556

Anwar. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “TELAAH PERSPEKTIF PADA

ERA SOCIETY 5.0” Penulis.

Bafadal, M.F. Alimah, S., & Sibawaeh, M. (2020). The use of spinning wheel game media to improve

the ability using modal auxiliary verbs for students in class VII SMPN 7 Mataram Academic.

Linguistik and ELT Journal, 7(2), 1–11.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian

Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research

(JSR), 1(2), 1–17.

Hasan, A., Sakdiyah, S., Mustofa, A., & Tuzzahra, R. (2021). The Development of Rainbow Spin

Learning Media in Social Sciences: ADDIE Development Model. Proceedings of the 11th

Annual International Conference (AIC) on Social Sciences, 229–233.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana,

& Indra, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN. PENERBIT TAHTA MEDIA GROUP.

Helmiati. (2020). Micro Teaching Melatih Ketrampilan dasar mengajar. Aswaja Pressindo.

| Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 8, No. 1, Edisi Juni 2024, Ranty Juli Dwianty, Ramanata

Disurya, Mega Kusuma Putri

| Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 8, No. 1, Edisi Juni 2024, Ranty Juli Dwianty, Ramanata

Disurya, Mega Kusuma Putri

Nua, Silvestra, N. D., Owon, Robertus, A. S., & Bhaga, Bertolomeus, D. (2023). SENTRI?: Jurnal

Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 17–34.

file:///C:/Users/User/Downloads/28.+Naskah+Skripsi+Minarni-Selesai.pdf

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Sintia Utami, I. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar

Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri 3 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,

(1), 21-26

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta

Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19

di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2, 69–75.

https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran

Sema. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674

Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN

Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi

Pendidikan, 7(1), 229–235. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.449

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.

Sulfiyah, R., Baiduri, B., & Ismail, A. D. (2020). Analysis of Student’s Conceptual Understanding

on Visualization Phase in Learning Geometry by Using Spinning Wheel Media. Mathematics

Education Journal, 3

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator