ANALISIS IMPLEMENTASI RENCANA STRATEGIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH PENGGERAK
Kata Kunci:
implementasi, renstra, sekolah penggerakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyusunan, menganalisis strategi implementasi, dan menganalisis evaluasi dan implikasi implementasi perencanaan strategis terhadap mutu pendidikan di SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu: a) analisis lingkungan internal dan eksternal, b) perumusan strategi dengan perumusan sepenuhnya dilakukan oleh tim. Pada tahap implementasi perencanaan strategis, teknik atau strategi yang digunakan adalah: a) melibatkan stakeholders dengan melakukan pengumuman program di awal tahun pembelajaran, mengadakan rapat koordinasi di setiap bulan, memberikan tugas sesuai dengan bidangnya; b) memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki dengan menganggarkan biaya implementasi program dan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Pada tahap evaluasi, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi internal dan eksternal. Adapun implikasi dari implementasi perencanaan strategis yaitu mengalami peningkatan mutu pendidikan dengan indikator: a) peningkatan proses KBM; b) peningkatan prestasi yang diraih; c) meningkatnya jumlah peserta didik d) peningkatan prosentase kelulusan; e) terpenuhinya sarana penunjang proses pembelajaran sesuai dengan SNP
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Bambang, Marhijanto, Kamus lengkap bahasa indonesia, Surabaya: Terbit
Cepi, Triatna, Aan komariah, Visionary Leadership menuju sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Desi, Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), h. 15.
Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM?: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779
Rahmi, N., Fauzi, R., Studi, P., Pendidikan, M., Pascasarjana, P., & Gresik, U. (n.d.). MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. 1–10.
Tamam, B., & Djasuli, M. (2016). Analisis Implementasi Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan Tahun 2013-2018. Jurnal Pamator, 9(2), 85–94. http://journal.trunojoyo.ac.id/pamator
Profil SD Negeri 11 Lubuk Buaya
Mulyasa.E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Mulyasan, Desi, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2011.
Mohamad Nurdin, B. Uno Hamzah, belajar dengan pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara,Cet ke-7, 2017.
Murniati, Manajemen Strategik : Peran Kepala Seklah Dalam Pemberdayaan, Medan: Perdana Publishing, 2000.
Nata, Abudin, Manajemen Pendidikan Islam , Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010.
Nawawi, Hadari, Manajemen Strategik Organisasi No-Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Presss, 2012.
Ridwan Abdullah Sani, Isda Pramuniati, dan Anies Mucktiany, Penjaminan Mutu Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Sedarmayanti, Manajemen Strategi (Bandung: PT Refika Aditama, 2016),h.36.
Terang, 1999. Sondang P. siagian, manajemen strategik (Jakarta: Cet-10, PT Bumi aksara,2012), h.27
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.