PERMAINAN LEMPAR TANGKAP BOLA UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK AUTIS DI SLB PURNAMA ASIH

Penulis

  • Naurah Rohadatul 'Aisy Universitas Pendidikan Indonesia
  • Budi Susetyo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dudi Gunawan Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Motorik Kasar, Anak Autis, Melempar, Menangkap

Abstrak

Anak autis yang mengalami gangguan dalam perkembangan saraf motorik ditandai dengan hambatan dalam motoriknya. Implementasi pendidikan jasmani yang tepat dinilai mampu meningkatkan keterampilan motorik anak autis terutama melalui olahraga atau permainan. Tujuan penelitian yaitu guna mengetahui apakah permainan lempar tangkap bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak autis. Penelitian Single Subject Research (SSR) menjadi metode yang diterapkan dalam penelitian ini dengan prosedur penelitian berupa desain A-B-A. Temuan yang didapat dari penelitian ini mengungkapkan bila permainan lempar tangkap bola mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak autis.

Referensi

Agustina, G. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Autis di SLB Khusus Autisma Dian Amanah Yogyakarta. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Aldani, S. P. (2015). Penggunaan Media Playdough Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Tunarungu yang Disertai Cerebral Palsy Kelas Vii di SLB-B YPLB Majalengka. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.

Association, A. P. (2013). Diagnostic And Statistical Manual of Mental Disorder Edition “DSM5”. Washington DC: American Psychiatric Publishing.

Delphie, B. (2009). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Sleman: PT Intan Sejatu Klaten

Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar. (2013). Pedoman penyelenggaraan program pendidikan jasmani adaptif bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar.

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5 (5), 3883-3891.

Hughes, F. P. (1999). Children, Play, and Development. Madison: Allyn and Bacon.

Kurniawan, A. (2021). Deteksi Dini Anak Autism. Jurnal Ortopedagogia, 57-61.

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pelana, R., Oktafiranda, N. D., & Antoni, R. (2020). Pemahaman Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Luar Biasa Ditujukan Untuk Team Pengajar. Jurnal PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–37.

Piletic, C. K., & Davis, R. (2010). A Profile Of The Introduction To Adapted Physical Education Course Within Undergraduate Physical Education Teacher Education Programs. ICHPER-SD Journal Of Research, 5(2), 26–32.

Raharjo, S., & Kinanti, R. (2019). Buku Ajar Olahraga Adaptif untuk Siswa Autis. Malang: Wineka Media.

Sukamti, E. R. (2011). Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY Press.

Yuwono, I. (2018). Penelitian SSR. Banjarmasin

Veskarisyanti, G.,A. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif & Hemat untuk Autisme, Hiperaktif, dan Retardasi Mental. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator