PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PENGENALAN ALAT MUSIK DAERAH UNTUK SEKOLAH DASAR PURWOREJO
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PENGENALAN ALAT MUSIK DAERAH UNTUK SEKOLAH DASAR PURWOREJO
Kata Kunci:
Interactive media; Lokal WisdomAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan dan menghasilkan produk berupa media interaktif berbasis android bermuatan kearifan lokal pada materi pengenalan alat musik daerah untuk Sekolah Dasar Purworejo dengan menggunakan metode RnD (research and development). Sedangkan dalam tahap pengembangan mengadopsi model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 dosen dari Universitas Muhammadiayah Purworejo sebagai validator ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli media dan materi. Analisis data menggunakan skala likert untuk menentukan kualitas produk media interaktif berbasis android bermuatan kearifan lokal yang dikembangkan. Adapun hasil kelayakan media interaktif berbasis android bermuatan kearifan lokal dari ahli media mendapatkan skor 4,69 dan ahli materi mendapatkan skor 4,67. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari validator ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan bahwa skor yang diperoleh dalam pengembangan media interaktif berbasis android bermuatan kearifan lokal masuk dalam kriteria “sangat baik” sehingga layak digunakan untuk pembelajaran di Sekolah Dasar Purworejo.
Referensi
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9).
Darmadi, H. (2018). Educational Management Based On Lokal Wisdom (Descriptive Analytical Studies Of Culture Of Lokal Wisdom In West Kalimantan). JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning), 3(1). http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v3i1.603
Kim, S & Lee, Y. (2016). iStoryBook: An Interactive Media Supporting Dialogic Reading for Children’s Reading Comprehension”. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 11(11), 383-392. https://doi.org/10.14257/ijmue.2016.11.11.35
Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, A. W. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kebudayaan Daerah Lampung Kelas V MI/SD. Skripsi, Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/13096/1
Sari, P. P., Ngazizah, N., & Linda, R. F.C. (2021). Kaitan Antara Media Berbasis Kearifan Lokal dan Kemampuan Literasi Sains Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol. 3. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1555
Sudjana. (2017). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, S. E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.