PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERKULIAHAN KONSEP DASAR PENDIDIKAN IPS SD UNTUK MAHASISWA PGSD
Kata Kunci:
Buku ajar; Konsep Dasar Pendidikan IPS SD; Mahasiswa; Perguruan TinggiAbstrak
Belum maksimalnya seorang dosen dalam mengembangkan buku belajar di dalam perkuliahan membuat perkuliahan hanya memanfaatkan buku itu-itu saja. Research ini menghasilkan sebuah produk yang berupa buku ajar perkuliahan Konsep Dasar Pendidikan IPS SD. Penelitian serta pengembangan (research and development) dilakukan dengan mengadaptasi model dari Dick & Carey (1996) dengan tahapan keseluruhan tahapan ADDIE. Berdasar hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti, maka hasil menunjukkan bahwasannya buku ajar perkuliahan Konsep Dasar Pendidikan IPS SD yang telah dikembangkan memenuhi standar valid, praktis serta efektif. Produk buku ajar digital yang sesuai standar valid dapat dilihat pada hasil rata-rata masing-masing validasi. Validasi materi dengan rata-rata 92,2% tergolong sangat valid, validasi media dengan rata-rata 94% tergolong sangat valid serta validasi bahasa dengan rata-rata 92,7% tergolong sangat valid. Kemudian untuk produk buku ajar digital yang tergolong praktis dapat kita lihat dari hasil penilaian dosen pengampu mata kuliah (100%) dan mahasiswa (98,25%) tergolong sangat praktis. Selanjutnya produk sangat efektif karena hasil belajar mahasiswa dari aspek kognitif diatas standar yang telah ditetapkan (100% tuntas).
Referensi
Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631
Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Website: Journal, 8(1), 2503–3506.
Dewi Latifah, E., Habaib, M., Lisnawati, Suhendraya Muchtar, H., & Sulastini, R. (2022). Peranan Kurikulum Lptk Berbasis Kkni Di Perguruan Tinggi. Al-Hasanah?: Islamic Religious Education Journal, 7(1), 103–116. https://doi.org/10.51729/7157
Fachrudin, A. D., Kusumawati, I. B., & Nuriyatin, S. (2022). PENULISAN DAN PENERBITAN BUKU AJAR: MINAT DAN RESPONS GURU. Jurnal PADI –Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia, 5(2003), 29–32.
Irawan, R., Haryati, T., Amrin, A., & Hidayat, A. G. (2022). Analisis Adaptasi Pelaksanaan MBKM dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Akademik di STKIP Taman Siswa Bima (Telaah Studi pada Prodi PGSD, PJKR dan Pendidikan Matematika; Hibah Program Bantuan Prodi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3814–3823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.942
Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biology Education Ahmad Dahlan University Yogyakarta. BIO-PEDAGOGI: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 96–99.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fauziyyah, D. H., Hasanah, I. A., Nada, L. N., & Puradireja, S. M. (2023). Pentingnya Kurikulum Darurat COVID-19 Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Sinektik, 5(1), 29–39. https://doi.org/10.33061/js.v5i1.7388
M Anggrayni, Wiwik Okta Susilawati, T. T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TPACK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN O1 SITIUNG. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 89–90.
Mahmudi, M. R., Yulia Darniyanti, & Anisa Oktaviani. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbantukan Canva Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4910–4921. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1289
Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180
Maslahah, A. U. (2018). Penerapan Kurikulum Mengacu Kkni Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan Di Ptkin. Edukasia?: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 227–248. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.5717
Ramdany, R., Loihala, M., Anggreini, Y. S., Suhoyo, Y., & Hidayah, R. N. (2018). EVALUASI IMPLEMENTASI RPS BERDASARKAN HASIL TRY OUT UJI KOMPETENSI PRODI DIII KEPERAWATAN SORONG. Proceeding Studi Pembentukan Unit Pengembangan Pendidikan Profesional Kesehatan (UP3K) Di Poltekkes Kemenkes Angkatan III, November, 16–20.
Ramdhani, F. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai Sistem Pendidikan guna Mengembangkan Potensi Peserta Didik di Era Disrupsi. 2022, 1187–1193.
Riduwan. (2018). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Rifky Serva Tuju, Dinn Wahyudin, Donna Crosnoy Sinaga, N. L. S., & Ayok, M. (2022). MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM KBK DAN KKNI DI PERGURUAN TINGGI. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 550–561.
Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Nht Dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis Bagi Peserta Didik Smp Di Kabupaten Pringsewu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 301. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054
Susilawati, S., Rahmat, J., & Oktori, A. R. (2022). Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dalam Upaya Penguatan Mutu Lulusan Pada Program Studi PGMI IAIN Curup. AR-RIAYAH?: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 105. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4427
Susilawati, W. O., Veriyani, F. T. V., Pratiwi, Y., Sari, T. A. N., & Riani, S. (2022). Pengembangan buku ajar digital PPKn SD terintegrasi profil pelajar Pancasila dalam mendukung kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 187–201. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.452
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Tujantri, H., & Wulandari, T. (2022). Evaluasi Keberhasilan Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kkni Menggunakan Sistem Pakar. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 267–274. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.712
Usanto, U. (2022). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Dosen Dan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(2), 49–56. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no2.263
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wiwik Okta Susilawati, M Anggrayni, R. N. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 09(2), 1–23.
Wiwik Okta Susilawati, Sonia Yulia Friska, Dwi Okta Pratiwi, A. I. A. (2023). PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LK) PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 01 PADANG LAWEH. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 09(2).
Yusuf, E., & Nata, A. (2023). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 265–282. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2868
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.