PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERKULIAHAN KONSEP DASAR PENDIDIKAN IPS SD UNTUK MAHASISWA PGSD

Penulis

  • M. Anggrayni Universitas Dharmas Indonesia
  • Wiwik Okta Susilawati Universitas Dharmas Indonesia
  • Lika Apreasta Universitas Dharmas Indonesia

Kata Kunci:

Buku ajar; Konsep Dasar Pendidikan IPS SD; Mahasiswa; Perguruan Tinggi

Abstrak

Belum maksimalnya seorang dosen dalam mengembangkan buku belajar di dalam perkuliahan membuat perkuliahan hanya memanfaatkan buku itu-itu saja. Research ini menghasilkan sebuah produk yang berupa buku ajar perkuliahan Konsep Dasar Pendidikan IPS SD. Penelitian serta pengembangan (research and development) dilakukan dengan mengadaptasi model dari Dick & Carey (1996) dengan tahapan keseluruhan tahapan ADDIE. Berdasar hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti, maka hasil menunjukkan bahwasannya buku ajar perkuliahan Konsep Dasar Pendidikan IPS SD yang telah dikembangkan memenuhi standar valid, praktis serta efektif. Produk buku ajar digital yang sesuai standar valid dapat dilihat pada hasil rata-rata masing-masing validasi. Validasi materi dengan rata-rata 92,2% tergolong sangat valid, validasi media dengan rata-rata 94% tergolong sangat valid serta validasi bahasa dengan rata-rata 92,7% tergolong sangat valid. Kemudian untuk produk buku ajar digital yang tergolong praktis dapat kita lihat dari hasil penilaian dosen pengampu mata kuliah (100%) dan mahasiswa (98,25%) tergolong sangat praktis. Selanjutnya produk sangat efektif karena hasil belajar mahasiswa dari aspek kognitif diatas standar yang telah ditetapkan (100% tuntas).

Referensi

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631

Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Website: Journal, 8(1), 2503–3506.

Dewi Latifah, E., Habaib, M., Lisnawati, Suhendraya Muchtar, H., & Sulastini, R. (2022). Peranan Kurikulum Lptk Berbasis Kkni Di Perguruan Tinggi. Al-Hasanah?: Islamic Religious Education Journal, 7(1), 103–116. https://doi.org/10.51729/7157

Fachrudin, A. D., Kusumawati, I. B., & Nuriyatin, S. (2022). PENULISAN DAN PENERBITAN BUKU AJAR: MINAT DAN RESPONS GURU. Jurnal PADI –Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia, 5(2003), 29–32.

Irawan, R., Haryati, T., Amrin, A., & Hidayat, A. G. (2022). Analisis Adaptasi Pelaksanaan MBKM dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Akademik di STKIP Taman Siswa Bima (Telaah Studi pada Prodi PGSD, PJKR dan Pendidikan Matematika; Hibah Program Bantuan Prodi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3814–3823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.942

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biology Education Ahmad Dahlan University Yogyakarta. BIO-PEDAGOGI: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 96–99.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fauziyyah, D. H., Hasanah, I. A., Nada, L. N., & Puradireja, S. M. (2023). Pentingnya Kurikulum Darurat COVID-19 Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Sinektik, 5(1), 29–39. https://doi.org/10.33061/js.v5i1.7388

M Anggrayni, Wiwik Okta Susilawati, T. T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TPACK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN O1 SITIUNG. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 89–90.

Mahmudi, M. R., Yulia Darniyanti, & Anisa Oktaviani. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbantukan Canva Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4910–4921. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1289

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Maslahah, A. U. (2018). Penerapan Kurikulum Mengacu Kkni Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan Di Ptkin. Edukasia?: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 227–248. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.5717

Ramdany, R., Loihala, M., Anggreini, Y. S., Suhoyo, Y., & Hidayah, R. N. (2018). EVALUASI IMPLEMENTASI RPS BERDASARKAN HASIL TRY OUT UJI KOMPETENSI PRODI DIII KEPERAWATAN SORONG. Proceeding Studi Pembentukan Unit Pengembangan Pendidikan Profesional Kesehatan (UP3K) Di Poltekkes Kemenkes Angkatan III, November, 16–20.

Ramdhani, F. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai Sistem Pendidikan guna Mengembangkan Potensi Peserta Didik di Era Disrupsi. 2022, 1187–1193.

Riduwan. (2018). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Rifky Serva Tuju, Dinn Wahyudin, Donna Crosnoy Sinaga, N. L. S., & Ayok, M. (2022). MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM KBK DAN KKNI DI PERGURUAN TINGGI. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 550–561.

Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Nht Dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis Bagi Peserta Didik Smp Di Kabupaten Pringsewu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 301. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054

Susilawati, S., Rahmat, J., & Oktori, A. R. (2022). Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dalam Upaya Penguatan Mutu Lulusan Pada Program Studi PGMI IAIN Curup. AR-RIAYAH?: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 105. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4427

Susilawati, W. O., Veriyani, F. T. V., Pratiwi, Y., Sari, T. A. N., & Riani, S. (2022). Pengembangan buku ajar digital PPKn SD terintegrasi profil pelajar Pancasila dalam mendukung kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 187–201. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.452

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tujantri, H., & Wulandari, T. (2022). Evaluasi Keberhasilan Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kkni Menggunakan Sistem Pakar. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 267–274. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.712

Usanto, U. (2022). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Dosen Dan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(2), 49–56. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no2.263

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wiwik Okta Susilawati, M Anggrayni, R. N. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 09(2), 1–23.

Wiwik Okta Susilawati, Sonia Yulia Friska, Dwi Okta Pratiwi, A. I. A. (2023). PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LK) PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 01 PADANG LAWEH. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 09(2).

Yusuf, E., & Nata, A. (2023). Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 265–282. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2868

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator