Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Great Wind Blows terhadap Tingkat Kecemasan Matematis Siswa di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Pembelajaran Aktif, Kecemasan Matematis, The Great wind BlowsAbstrak
Kecemasan matematika merupakan salah satu hambatan yang sangat serius dalam pendidikan. Berdasarkan hasil observasi, terdapat indikasi awal bahwa siswa mengalami kecemasan dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe the great wind blows terhadap tingkat kecemasan matematis siswa. Metode yang dipakai untuk tulisan ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desai pre-eksperimental. pre-eksperimental deisgn dengan one group pretest post test design digunakan karena peneliti ingin melihat perbedaan antara tingkat kecemasan sebelum dilakukan tindakan dengan setelah dilakukan tindakan sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui apakah terdapat pengaruh atau tidak dari strategi pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjjukan bahwa nilai rata-rata hasil posttest memperoleh nilai rata-rata 45,32 dengan standar deviasi 8,55 sedangkan hasil pretest memperoleh nilai rata-rata 54,64 dengan standar deviasi 9,21.ini berarti tingkat kecemasan siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe the great wind blows (posttest) cenderung menurun dibandingkan dengan sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe the great wind blows (pretest).
Referensi
Aulia, W., & Miboy, A. (2021). Our Three Solutions in Learning During Pandemic At Sdn 01 Benteng Pasar Bukittinggi City Tiga Solusi Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(1), 28–37.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Darmadi, H. (2015). MENJADI GURU PROFESIONAL diperbincangkan , karena guru merupakan sumber kunci keberhasilan pendidikan . didik yang menyangkut berbagai aspek yang bersifat manusiawi yang unik dalam. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Ety Nur Inah. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Firdaus, R. (2016). Pengaruh penataan ruang kelas terhadap hasil belajar siswa kelas v (study eksperimen di sdn 4 kuripan utara) tahun 2016.
Hatta, U. B. (n.d.). Create an Effective School Environment. 7(2), 168–178.
Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). 50 Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia PISSN 2657-0297. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.
Pahlawan, U., Tambusai, T., Perwitasari, D., & Fatayan, A. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam. 4, 2556–2560.
Sari, S. G., & Mudjiran, M. (2020). Pentingnya Pemahaman Perbedaan Individual (Individual Differences) Bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 54–63. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.59
Septiana, V. W., Pratiwi, S. H., Rozalina, F., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., & Barat, S. (2021). Correlation of Interest With Students ’ Learning Outcomes Inipa Learning in Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(2), 45–52.
Setiawan, H., Fauzan, A., & Arnawa, I. M. (2021). The Development of Geometrical Learning Devices Based on Rumah Gadang Ethnomathematics for Grade VII Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003
Setiawan, Herdi, & Fauzan, A. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika Rumah Gadang. 06(03), 3486–3494.
Setiawan, Herdi, Fauzan, A., Ananda, A., Pascasarjana, S., Padang, U. N., Artikel, I., Pengembangan, P., Setiawan, H., Pascasarjana, S., Padang, U. N., & Education, J. (2023). Analisis pendahuluan pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis etnomatematika rumah gadang di smp kelas vii. 11(2), 75–79. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4574
Setiawan, Herdi, Jamaris, J., Solfema, S., & Fauzan, A. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika Rumah Gadang. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3484–3494. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1881
Setiawan, Herdi, Pascasarjana, S., Padang, U. N., Pendidikan, F. I., & Padang, U. N. (2022). CREATING A CONDUUSIVE LEARNING ENVIRONMENT FOR ELEMENTARY SCHOOL LEVEL STUDENTS. 10(2), 59–65.
Sugiyanto. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 3(1), 72–82.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.