PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINTIFIK TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA UNTUK KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.112Kata Kunci:
Module, Science Learning, ScientificAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul pembelajaran IPA berbasis saintifik untuk peserta didik kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen). Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Sugiyono (2013), dengan model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Karena keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3-D). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi yang di validasi oleh 3 orang dosen dan lembar praktikalitas untuk 1 orang pendidik dan 26 orang peserta didik kelas V di SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang, dan lembar soal pre test dan post test uji keefektifan oleh 26 peserta didik SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (3,61) baik dari aspek kelayakan materi (3,71), aspek desain (3,8), dan aspek bahasa (3,33). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase (92,08%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase (96,39%). Dan hasil penelitian pada uji efektifitas dikategorikan tinggi dengan persentase (0,71). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan Modul pembelajaran IPA berbasis saintifik untuk kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD (Sekolah Dasar).
Referensi
(2014). Pendekatan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Yogyakarta
: Gava Media.
Muliyardi, (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik di kelas 1 SD. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya : Unversitas Negeri Surabaya.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta : Kencana Pranamedia Group
Samatowa, Usman. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat : PT Indeks.
Sujarwanta. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan (Vol.16 Nomor 1). Hlm 1-8
Trianto. (2009). Mendesaian dengan Pendekatan Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Trianto. (2012). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.